Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (2024)

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (1)

Sumber gambar, Getty Images

Informasi artikel
  • Penulis, Ana fa*guy & Madeline Halpert
  • Peranan, BBC News

Presiden Joe Biden mengejutkan khalayak Amerika Serikat pada hari Minggu (21/07) ketika dia mengumumkan bahwa dirinya akan mundur dari pencalonan presiden AS.

Meskipun ia akan menjalankan sisa masa jabatannya sebagai presiden, ia mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai calon presiden AS dari Partai Demokrat.

Keputusan tersebut menyisakan sejumlah pertanyaan mengingat hanya satu bulan tersisa sebelum Konvensi Nasional Partai Demokrat berlangsung.

Berikut panduan tentang apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

Apa yang terjadi?

Presiden AS Joe Biden memutuskan untuk mengakhiri kampanye Pilpres AS sebagai calon petahana. Dia kemudian mendukung Wakil Presiden Kamala Harris untuk menggantikannya sebagai capres dari Partai Demokrat.

Lewatkan Artikel-artikel yang direkomendasikan dan terus membaca

Artikel-artikel yang direkomendasikan

Akhir dari Artikel-artikel yang direkomendasikan

Biden, 81 tahun, mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis pada hari Minggu (21/07) bahwa ini adalah "kehormatan terbesar" untuk menjabat tetapi pengunduran dirinya adalah "demi kepentingan terbaik partai saya dan negara".

Biden mengatakan dia akan tetap menjadi presiden hingga Januari.

Baca juga:

  • Mampukah Kamala Harris kalahkan Donald Trump dalam Pilpres AS?
  • Siapa Kamala Harris, wakil presiden AS yang mendampingi Joe Biden?

Harris, 59 tahun, mengatakan bahwa dia “merasa terhormat” karena didukung Biden. Dia menambahkan bahwa dirinya akan “mendapatkan dan memenangkan nominasi ini” dan menyatukan AS melawan Donald Trump.

“Kita punya waktu 107 hari hingga hari pemilihan,” katanya. “Bersama-sama, kita akan berjuang. Dan bersama-sama, kita akan menang.”

Untuk menjadi calon presiden dari Partai Demokrat, Presiden Biden telah meraih 3.896 delegasi – jauh lebih banyak dari jumlah yang dibutuhkan untuk mengamankan nominasi partai.

Namun, ketika Biden memutuskan mengakhiri kampanye dan mendukung Kamala Harris, bukan berarti seluruh anggota partai tersebut mendukung keputusan itu.

Pada akhirnya terserah pada anggota Partai Demokrat untuk memilih siapa pun dalam Konvensi Partai di Chicago pada 19 Agustus 2024.

Apa yang mungkin terjadi dalam Konvensi Partai Demokrat?

Lewati Podcast dan lanjutkan membaca

Investigasi: Skandal Adopsi

Investigasi untuk menyibak tabir adopsi ilegal dari Indonesia ke Belanda di masa lalu

Episode

Akhir dari Podcast

Konvensi Nasional Partai Demokrat dijadwalkan berlangsung pada 19 Agustus.

Jika Partai Demokrat tidak bersatu untuk mendukung kandidat baru, hal ini dapat membuka jalan bagi diadakannya konvensi terbuka untuk pertama kali sejak tahun 1968.

Hal ini berarti para delegasi bebas memutuskan siapa yang akan dipilih di antara para kandidat.

Seorang kandidat memerlukan tanda tangan dari setidaknya 300 delegasi agar nama mereka muncul di surat suara.

Akan ada putaran awal pemungutan suara di antara 3.900 delegasi, termasuk pemilih yang dianggap setia kepada Partai Demokrat.

Jika tidak ada kandidat yang memperoleh suara mayoritas setelah putaran pertama ini, maka putaran pemungutan suara berikutnya akan dilakukan.

Putaran pemungutan suara ini akan mencakup delegasi super – pemimpin partai dan pejabat terpilih – yang semuanya akan memberikan suara sampai seorang calon terpilih.

Untuk mengamankan nominasi partai, seorang kandidat membutuhkan 1.976 suara delegasi.

Siapa saja calon kuat dari Partai Demokrat?

Gubernur Michigan, Gretchen Whitmer

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (2)

Sumber gambar, Getty Images

Gretchen Whitmer, gubernur Michigan selama dua periode, adalah seorang politisi Demokrat yang semakin populer. Banyak pakar berspekulasi dia akan mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2028.

Dia pernah berkampanye untuk Biden di masa lalu dan tidak malu dengan aspirasi politiknya.

Dia mengatakan kepada New York Times bahwa dia ingin melihat presiden Generasi X pada tahun 2028, tetapi tidak secara gamblang mengatakan bahwa dia mungkin akan mengisi peran tersebut.

Baca juga:

  • Trump 'seharusnya mati', pelaku penembakan teridentifikasi - Apa saja yang diketahui sejauh ini?
  • Apa makna kemenangan Donald Trump bagi dunia?

Pada tahun 2022, ia memimpin kampanye yang membuat Partai Demokrat di Negara Bagian Michigan menguasai badan legislatif negara bagian dan kursi gubernur.

Kontrol politik tersebut memungkinkannya untuk memberlakukan sejumlah kebijakan progresif termasuk melindungi akses aborsi di Michigan dan penerapan langkah-langkah keamanan senjata.

Whitmer dengan cepat menyatakan setelah pengunduran diri Biden bahwa tugasnya "akan tetap sama... melakukan semua yang saya bisa untuk memilih Partai Demokrat dan menghentikan Donald Trump."

Namun, pernyataan tersebut bukan merupakan dukungan terhadap Harris.

Gubernur California, Gavin Newsom

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (3)

Sumber gambar, Getty Images

Gubernur California, Gavin Newsom, adalah salah satu politisi terkuat dalam pemerintahan Biden. Tapi dia punya ambisi politiknya sendiri.

Ia sering digadang-gadang sebagai calon presiden pada pemilu 2028, namun banyak pakar kini mengatakan bahwa ia bisa menggantikan Biden.

Newsom melambungkan Namanya dalam beberapa tahun terakhir dengan menjadi pembawa pesan utama partai di media konservatif, dan melalui debat melawan Gubernur Florida Ron DeSantis tahun lalu.

Dia berdiri di samping presiden sebelum pengumumannya. Dia melakukan perjalanan ke Washington untuk menghadiri pertemuan pada bulan Juli dengan Biden dan gubernur penting Partai Demokrat lainnya, dan menjadi pembicara utama dalam acara kampanye Biden di Michigan pada tanggal 4 Juli.

Newsom kembali memuji Biden sebagai presiden yang "tidak mementingkan diri sendiri" setelah pengunduran dirinya diumumkan. Namun pernyataannya di Twitter singkat, dan tidak menyebutkan niatnya atau mengomentari dukungan terhadap Harris.

Menteri Perhubungan, Pete Buttigieg

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (4)

Sumber gambar, Getty Images

Bukan rahasia lagi bahwa Menteri Perhubungan Pete Buttigieg punya cita-cita menjabat presiden.

Dia mencalonkan diri sebagai presiden pada tahun 2020 dan sering disebut-sebut sebagai salah satu pembicara terbaik dalam pemerintahan Biden.

Buttigieg telah menangani sejumlah krisis publik selama menjabat sebagai Menteri Perhubungan.

Dia membantu mengawasi tanggapan pemerintah atas tergelincirnya kereta East Palestine di Ohio, runtuhnya Jembatan Baltimore, dan krisis penjadwalan Southwest Airlines pada tahun 2022.

Buttigieg menyatakan di Twitter/X bahwa Biden telah "mendapatkan tempatnya di antara presiden terbaik dan paling berpengaruh dalam sejarah Amerika".

Dia tidak mengomentari dukungannya terhadap Harris.

Gubernur Pennsylvania, Josh Shapiro

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (5)

Sumber gambar, Getty Images

Josh Shapiro memperoleh tingkat popularitas yang tinggi sejak ia terpilih pada tahun 2022 di negara bagian yang dimenangkan Trump secara tipis pada tahun 2016.

Gubernur yang sebelumnya menjabat Jaksa Agung negara bagian ini telah bekerja lintas partai selama masa jabatannya.

Dia menjadi berita utama nasional tahun lalu setelah dengan cepat membangun kembali jembatan yang runtuh di jalan raya penting Philadelphia – sebuah kemenangan politik besar bagi gubernur pada periode pertama.

Perbaikan yang cepat ini dipuji oleh banyak orang sebagai topik pembicaraan infrastruktur yang sempurna bagi calon presiden tahun 2028.

Shapiro mengatakan Biden adalah salah satu "presiden paling berpengaruh dalam sejarah modern" setelah Biden mengumumkan pengunduran dirinya dari pemilu, tetapi - seperti kebanyakan nama yang disebut-sebut akan menggantikannya - tidak mengatakan apa pun tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.

Gubernur Illinois, JB Pritzker

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (6)

Sumber gambar, Getty Images

JB Pritzker, Gubernur Illinois, telah melambungkan reputasinya dalam beberapa tahun terakhir dengan membela Biden.

Pengusaha miliarder – pewaris jaringan hotel Hyatt – dengan cepat mengunggah kritik terhadap Trump di media sosial.

Setelah debat, dia menyebut Trump seorang "pembohong" dan mengatakan dia adalah "penjahat yang telah dihukum sebanyak 34 orang dan hanya peduli pada dirinya sendiri".

Seperti Whitmer, Pritzker memiliki rekam jejak dalam menyelesaikan agenda-agenda progresif Partai Demokrat mengenai isu-isu seperti hak aborsi dan pengendalian senjata.

Dia tidak segera mengomentari keputusan Biden untuk mundur dari pemilu.

Apa komentar Trump?

sem*ntara itu, Trump dikukuhkan sebagai calon presiden AS dari Partai Republik pada konvensi partai di Milwaukee pekan ini, lima hari setelah selamat dari upaya pembunuhan.

Trump mengatakan pada Minggu (21/07) bahwa Biden tersebut "tidak layak untuk mencalonkan diri... dan tentu saja tidak layak untuk menjabat".

Dalam waktu satu jam setelah pengumuman Biden, dana kampanye super-PAC pro-Trump, Make America Great Again, memasang iklan yang menyerang Kamala Harris, dengan mengeklaim "dia menutupi kemerosotan mental Joe".

Donald Trump menambahkan: "Siapa pun yang diajukan oleh kaum Kiri sekarang akan sama saja."

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (7)

Pilpres AS: Joe Biden mundur dari persaingan, pilih Wapres Kamala Harris sebagai capres AS dari Partai Demokrat - BBC News Indonesia (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Moshe Kshlerin

Last Updated:

Views: 6135

Rating: 4.7 / 5 (77 voted)

Reviews: 84% of readers found this page helpful

Author information

Name: Moshe Kshlerin

Birthday: 1994-01-25

Address: Suite 609 315 Lupita Unions, Ronnieburgh, MI 62697

Phone: +2424755286529

Job: District Education Designer

Hobby: Yoga, Gunsmithing, Singing, 3D printing, Nordic skating, Soapmaking, Juggling

Introduction: My name is Moshe Kshlerin, I am a gleaming, attractive, outstanding, pleasant, delightful, outstanding, famous person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.